Pengrajin Perak dan Tedung di Singaraja

Mau cari perak di Bali untuk oleh – oleh? Perak tidak hanya bisa kita beli atau kita dapatkan di daerah celuk, memang daerah celuk ini terkenal dengan kerajinan peraknya. Tetapi sebenarnya kita juga bisa membeli perak di pengrajin perak yang ada di singaraja, tepatnya sih di sambangan, singaraja. Ada satu rumah kalau tidak salah di gang melur, di sana ada pengrajin kerajinan perak bakar. Di sana banyak menghasilkan perak yang sudah jadi untuk berbagai keperluan upacara adat, seperti perhiasan dan juga bokor.

Pengrajin Perak Singaraja dan Pengrajin Tedung SingarajaSudah pasti barang – barang itu biasanya di buat dari pesanan orang – orang untuk digunakan mereka sendiri atau untuk di jual kembali untuk keperluan upacara adat. Kita bisa melihat pengrajin ini mengerjakan barang – barang tersebut secara langsung ketika kita hendak membeli dan jika mereka sedang ada pesanan. Karena ini adalah pengrajin langsung bukan toko maka sudah pasti kalau kita ingin memesan barang itu di sini berarti ada hitungan minimalnya dan sudah di pastikan harganya akan sangat jauh dengan saat kita membeli barang – barang tersebut di toko – toko yang ada di singaraja atau bahkan yang ada di  pasar daerah kuta atau denpasar. Tertarik ingin membeli? Mampir aja jika kalian sedang berada di kota singaraja.

Tidak jauh dari lokasi pengrajin perak terdapat juga para pengrajin tedung di daerah Bakti Seraga. Mungkin banyak di antara rekan – rekan deBalier yang asing mendengar kata tedung, tedung atau payung – payung cantik yang berwarna – warni biasanya di pakai di pura – pura, digunakan untuk ibadat atau upacara adat krama Bali, Tedung juga bisa di gunakan untuk penghias rumah, para pembuat atau pengrajin tedung banyak sekali dan biasanya di jual di daerah bakti seraga. Untuk ukurannya sendiri sangat beragam, mulai dari yang paling kecil sampai yang paling besar. Jari – jari paling besar biasanya sekitar 25 cm dan terdiri dari 3 tingkat yang berjajar rapih di toko – toko penjual tedung.

Biasanya pada saat hari raya galungan para pengrajin tedung sibuk sekali, kenapa karena banyak orang yang memesan Tedung dengan beragam ukuran juga, sudah pasti semakin besar ukuran tedung yang kita pesan akan semakin mahal juga harganya, kalau dulu harga tedung bisa Rp. 70.000 sampai dengan Rp. 100.000 ke atas, tapi belakangan harga Tedung melonjak naik, dan pengrajin tedung dari daerah ini terkenal bagus – bagus kerena mereka mengutamakan kualitas dan menggunakan bambu serta kain yang bagus pula, selain itu para pengrajinnya juga bukan para pembuat tedung yang masih baru, tapi mereka yang sudah sangat berpengalaman. Mau beli tedung untuk restoran, penghias rumah, atau untuk hotel kalian? Ke sini aja, dijamin kita akan mendapatkan kualitas yang bagus dengan harga yang bagus juga, karena kita membeli langsung dari para pengrajin tedung yang sangat berpengalaman.

Advertise on Rumahkudibali dot ComClick Here!