Museum Buleleng Singaraja Bali

Museum Buleleng, mungkin kebanyakan di antara kita asing ketika mendengar kata museum buleleng, Museum buleleng ini terbilang belum lama ada, terletak di lokasi atau lingkungan Pura Seni Sasana Budaya kota singaraja Bali. Mungkin ada yang bertanya kapan museum ini didirikan? Museum Buleleng ini di dirikan pada tanggal 30 Maret 2002. Museum ini banyak menyimpan koleksi – koleksi purbakala seperti patung, sarkofagus, senjata dan juga peninggalan lainnya. Museum ini berdiri ata gagasan dari seorang budayawan dan juga seorang seniman yang tergabung di yayasan pelestarian warisan budaya Bali utara. Karena museum ini terbilang baru maka museum ini perlu beberapa pengembangan baik itu dari ruangan – ruangan yang ada di dalam museum dan juga benda – benda yang tersimpan di dalam museum atau yang menjadi kolesi museum Buleleng.

BARANG KOLEKSI

Bisa dikatakan hampir semua barang yang tersimpan atau ada di dalam museum buleleng ini adalah barang – barang koleksi milik pribadi atau keluarga dari Raja Buleleng itu sendiri Ki Gusti Anglurah Panji Sakti. Seperti foto – foto sampai kepada benda – benda yang di gunakan sehari – hari. Semua barang – barang itu merupakan sumbangan dari keluarga generasi selanjutnya. Di dalam gedung museum juga ada ruangan – ruangan khusus untuk menaruh dan memajang benda – benda seni lainnya yang di kelompokkan dalam ruangan sejarah, etnologi, ruangan pra sejarah, ruangan kerajinan dan ruangan panji sakti.

MENAMBAH KOLEKSI MUSEUM

Menurut salah satu staf di museum buleleng Pak Gede Juliana museum ini terbuka untuk masyarakat di bali utara jika ingin menyumbangkan barang koleksi pribadinya atau ikut berpartisipasi dalam menambah jumlah koleksi museum dan mengembangkannya. Dengan begitu diharapkan bukan hanya masyarakat bali utara saja yang lebih mengerti tentang sejarah bali utara tetapi juga seluruh rakyat bali secara keseluruhan dan juga semua penduduk Indonesia bisa tahu termasuk wisatawan internasional.

Museum ini berlokasi di jalan veteran no 23. Singaraja bali, buka setiap hari mulai pukul 07.30 – 15.30. untuk hari sabtu dan juga minggu biasanya museum buleleng ini banyak di kunjungi oleh para mahasiswa atau murid – murid untuk mengadakan penelitian. Nah buat rekan debalier yang sedang ingin liburan ke bali atau sedang liburan di bali bisa mengunjungi museum ini. Pasti akan sangat menyenangkan jika liburan kalian sedikit lain dari kebanyakan orang yang berkunjung ke Bali. Di jamin bakalan menyenangkan plus menambah ilmu pengetahuan kalian juga lhoo….

Advertise on Rumahkudibali dot ComClick Here!